Loading...

Soal + Jawaban Materi Reaksi Pengaruh Sosial Kolonialisme Dan Imperialisme

Loading...
Soal + jawaban materi reaksi pengaruh sosial kolonialisme dan imperialisme merupakan pembahasan yang akan dijelaskan dan dipaparkan pada materi pelajaran sejarah tentang pengaruh sosial pada masa kolonialisme dan imperialisme yang dapat anda pelajari dan dapat anda jadikan sebagai materi belajar dirumah maupun disekolah.

Adapun pembahasan pada artikel ini menjelaskan secara detail dan lengkap mengenai soal soal pelajaran sejarah yang dilengkapi dengan #kunci jawaban. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semua dalam mengetahui jawaban essay soal materi sejarah.

Kumpulan Soal + Jawaban Mengenai Reaksi Pengaruh Sosial

Pada Masa Kolonialisme Dan Imperialisme
Soal + Jawaban Materi Reaksi Pengaruh Sosial Kolonialisme Dan Imperialisme
Reaksi Pengaruh Sosial Kolonialisme Dan Imperialisme

1. Jelaskan tentang gerakan protes petani di Ciomas !
Jawaban : Gerakan protes petani di Ciomas, Jawa Barat terjadi pada tahun 1886 yang dipimpin oleh Mohammad Idris. Adapun gerakan ini terjadi disebabkan karena adanya berbagai pungutan pajak dari pemerintah yang dinilai sangat memberatkan petani.

2. Apakah dampak dari tindakan sewenang-wenang pemerintah dan para tuan tanah tahun 1924 di Tangerang ?
Jawaban : Sebagai akibat tindakan sewenang-wenang pemerintah dan para tuan tanah, pada tahun 1924 terjadi kerusuhan di Tangerang yang dipimpin oleh Kaiin.

3. Di manakah gerakan sosial seperti gerakan protes petani muncul ?
Jawaban : Protes dari petani yang hidupnya tertindas dan jauh dari kehidupan layak terjadi dibeberapa daerah yaitu antara lain seperti :

- Gerakan protes petani di Ciomas.
- Gerakan protes petani di Campea Purwakarta Jawa Barat.
- Gerakan protes petani di Condet.

4. Siapakah pemimpin Gerakan Ratu Adil di Sidoarjo ?
Jawaban : Gerakan di Sidoarjo Jawa Timur, tahun 1903 dipimpin oleh Kiai Hasan Mukmin.

5. Mengapa pengaruh kolonialisme dan imperialisme menyebabkan munculnya gerakan keagamaan ?
Jawaban : Gerakan keagamaan muncul sebagai protes terhadap kebobrokan moral yang terjadi karena pengaruh budaya Barat yang dibawa oleh Belanda. Gerakan keagamaan merupakan gerakan pemurnian kembali ke ajaran agama islam yang semestinya.

Demikian pembahasan mengenai contoh soal + jawaban materi reaksi pengaruh sosial kolonialisme dan imperialisme, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi kalian dalam mencari kunci jawaban materi pendidikan sejarah tentang pengaruh sosial pada masa kolonialisme dan imperialisme di negara Republik Indonesia.
Loading...
Loading...