Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Penggunaannya / Penerapan

Jenis-jenis komputer berdasarkan penggunaannya / penerapannya adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai jenis-jenis komputer jika dilihat dan ditinjau berdasarkan dari segi penggunaannya, pemakaiannya, ukurannya, gambarnya, fungsinya, generasinya atau jenis-jenis komputer dilihat dari segi penerapannya berdasarkan data yang diolah, yang akan dijelaskan yakni :

1. Komputer scientific dan komputer rekayasa.
2. Komputer komersial bisnis (commercial business computer).
3. Komputer edukatif dan trainer (educative computer dan trainer computer).
4. Komputer rekreatif, hobi dan game (recreative computer, hobby and game computer).

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai macam-macam komputer seperti super komputer, mainframe komputer, mini komputer dan mikro komputer menurut kemampuannya lengkap dengan penjelasan dan fungsinya.
Jenis-jenis komputer berdasarkan penggunaannya / penerapannya
Jenis-jenis komputer berdasarkan penggunaannya
Macam-macam komputer tersebut dapat kalian temukan pada link halaman berikut.


Jenis komputer ditinjau dari segi penerapan / penggunaannya

Dibawah ini akan dijelaskan satu persatu mengenai jenis-jenis komputer berdasarkan penggunaannya, penerapannya, berdasarkan ukurannya, berdasarkan fungsinya, berdasarkan generasinya dan berdasarkan data yang diolah adalah antara lain sebagai berikut :

Komputer scientific dan komputer rekayasa

Komputer scientific dan komputer rekayasa adalah sebuah jenis komputer yang terdiri dari komputer jenis super komputer atau komputer-komputer yang berukuran besar dimana fungsinya untuk merancang atau merekayasa suatu alat untuk mendata cuaca.

Komputer komersial bisnis (commercial business computer)

Komputer jenis komersial bisnis atau dalam bahasa inggris commercial business computer adalah sebuah jenis komputer yang berfungsi dan hanya digunakan dalam bidang perkantoran sebagai pengganti mesin tik dan untuk menyimpan file atau data.

Komputer edukatif dan trainer (educative computer and trainer computer)

Komputer jenis edukatif dan trainer atau dalam bahasa inggris educative computer dan trainer computer adalah sebuah jenis komputer yang berfungsi dan hanya digunakan sebagai alat bantu pendidikan.

Komputer rekreatif, hobi dan game (recreative computer, hobby and game computer)

Komputer jenis rekreatif, hobi dan game atau dalam bahasa inggris recreative computer, hobby computer and game computer adalah sebuah jenis komputer yang berfungsi dan hanya digunakan untuk permainan.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis komputer berdasarkan penggunaannya / penerapannya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui macam-macam, jenis-jenis komputer berdasarkan dari segi penggunaannya, berdasarkan dari segi pemakaiannya, berdasarkan dari segi penerapannya, berdasarkan ukurannya, berdasarkan fungsinya, berdasarkan generasinya dan berdasarkan data yang diolah.