Loading...

#7 Manfaat Tumbuhan Berbiji Bagi Manusia

Loading...
#7 Manfaat tumbuhan berbiji bagi manusia adalah pembahasan utama materi pelajaran biologi yang akan dijelaskan secara lengkap pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai apa saja kegunaan tumbuhan berbiji, fungsi tumbuhan berbiji dan keuntungan tumbuhan berbiji bagi kehidupan manusia lengkap dengan contohnya yang akan diuraikan yakni antara lain sebagai berikut :

1. Sebagai bahan makanan pokok.
2. Sebagai bahan sandang.
3. Sebagai bahan bangunan.
4. Sebagai bahan perabotan.
5. Sebagai bahan pengobatan.
6. Sebagai penyimpan air.
7. Sebagai sumber oksigen.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan beberapa konsep mengenai tumbuhan biji, klasifikasinya dan alat reproduksi dari tumbuhan biji. Sedikit ulasan pengertian tumbuhan berbiji adalah bagian dari kelompok tumbuhan yang hidup di daerah darat dan biasanya tumbuhan biji tertinggi berupa pohon dengan memiliki ketinggian melebihi 100 meter, misalnya adalah seperti pohon conifer (Sequoiaadendron gitanteum).


#7 Manfaat Tumbuhan Berbiji Bagi Manusia
Sedangkan tumbuhan berbiji dibedakan menjadi dua sub-bagian yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Adapun penjelasan lebih lengkapnya mengenai klasifikasi tumbuhan berbiji terbuka dan tertutup beserta contohnya dapat kalian temukan pada link halaman sebagai berikut.


Adapun didalam tumbuhan berbiji memiliki alat perkembangbiakan yang berupa bunga, dengan kata lain bahwa tumbuhan biji memiliki bunga sebagai alat reproduksi. Adapun reproduksi pada jenis tumbuhan yang berbiji penjelasan lebih lengkapnya dapat kalian temukan pada halaman berikut.


#7 Manfaat tumbuhan berbiji

Dibawah ini akan disebutkan satu persatu apa saja manfaat atau kegunaan adanya tumbuhan berbiji bagi kehidupan manusia yakni dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut :

1. Tumbuhan berbiji sebagai makanan pokok, contohnya adalah gandum, padi, jagung dan sagu.
2. Pada sayuran, tumbuhan berbiji sebagai sumber serat dan protein, contoh adalah kacang, tomat, kol, wortel dan kentang.
3. Tumbuhan berbiji sebagai bahan sandang, contohnya adalah kapas dan rami.
4. Tumbuhan berbiji sebagai bahan bangunan dan perabotan, contohnya adalah jati, meranti dan sana keling.
5. Tumbuhan berbiji sebagai bahan pengobatan, contohnya adalah kumis kucing, mengkudu, daun dewa dan ades.
6. Tumbuhan berbiji sebagai peneduh, sebagai penyimpanan air, sebagai penyerap karbondioksida dan sebagai sumber oksigen, contohnya adalah angsana, jati, mahoni dan pinus.
7. Tumbuhan berbiji untuk dekorasi upacara adat, keagamaan, serta kosmetik, contohnya adalah berbagai bunga.

Demikian pembahasan mengenai #7 manfaat tumbuhan berbiji bagi manusia beserta contohnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi kalian dalam mencari apa saja kegunaan tumbuhan berbiji, fungsi tumbuhan berbiji dan keuntungan tumbuhan berbiji bagi kehidupan manusia.
Loading...
Loading...