Pengangguran (Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab)

Pengangguran adalah inti pokok dari pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada rangkuman materi berikut ini yang masuk kedalam kategori pelajaran ekonomi. Didalam uraian ini akan dijabarkan mengenai pengertian atau definisi pengangguran, jenis-jenis pengangguran dan faktor penyebab pengangguran.

Pengangguran merupakan sebuah masalah makro ekonomi yang dapat mempengaruhi manusia secara tidak langsung dan menjadi beban yang paling berat. Kebanyakan bagi orang, kehilangan pekerjaan sama dengan menurunnya standar kehidupan dan juga dapat menyebabkan tekanan psikologis.

Pengangguran sudah biasa menjadi topik perdebatan politik yang sering dibicarakan oleh para politisi, dimana mereka sering mengklaim bahwa kebijakan-kebijakan yang akan mereka tawarkan dapat membantu menciptakan banyak lapangan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran.

Pengangguran (Pengertian, Jenis Dan Faktor Penyebab)
Pencari Kerja

Didalam membahas masalah mengenai pengangguran, terdapat dua tafsiran yang berbeda yang diantaranya adalah seperti :

1. Menurut pihak yang memandang upah fleksibel (market clearing).
2. Orang menganggur karena dia memilih untuk tidak bekerja dengan tarif yang sedang berlaku.

Adapun menurut Mankiw (2000:123) didalam bukunya menyatakan bahwa pengangguran akan selalu ada dalam suatu perekonomian karena disebabkan oleh beberapa alasan, diantaranya adalah seperti berikut ini.

1. Alasan pertama
Adanya proses pencarian kerja yaitu dibutuhkannya waktu untuk mencocokkan para pekerja dan pekerjaan.
2. Alasan kedua
Adanya kekakuan upah, kekakuan upah ini dapat disebabkan oleh tiga hal yaitu antara lain seperti adanya kebijakan upah minimum, daya tawar kolektif dari serikat pekerja serta upah efisiensi.

Pengertian pengangguran

Pengangguran adalah suatu situasi atau keadaan dimana seseorang atau individu yang tergolong kedalam angkatan kerja yang memang tidak bekerja, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari dalam seminggu atau hendak mendapatkan pekerjaan, akan tetapi belum bisa memperolehnya.

Didalam buku Sukirno (2002:13) beliau menjelaskan bahwa untuk mengukur tingkat pengangguran pada suatu wilayah, bisa didapat dari prestasi membagi jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja.

Faktor penyebab pengangguran

Pengangguran pada umumnya bermula disebabkan oleh jumlah angkatan kerja atau yang disebut dengan para pencari kerja (pencaker) tidak sebanding dengan total keseluruhan lapangan kerja yang tersedia yang mampu untuk menyerapnya.

Jenis-jenis pengangguran

Jenis pengangguran dibedakan menjadi dua bagian yakni diantaranya adalah seperti berikut :

1. Pengangguran berdasarkan jam kerja.
2. Pengangguran berdasarkan penyebab terjadinya.

Adapun kedua jenis pengangguran tersebut dikelompokkan menjadi beberapa macam yakni diantaranya adalah seperti pengangguran terselubung, setengah menganggur, terbuka, friksional, struktural, teknologi, kiknikal, musiman, setengah menganggur, keahlian, total dan pengangguran unik yang dapat kalian ketahui pengertiannya masing-masing lengkap dengan contoh penganggurannya pada link halaman berikut dibawah ini.

Demikian rangkuman materi mengenai pengangguran (pengertian, jenis dan faktor penyebabnya). Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan memberi kalian solusi didalam mengetahui definisi, makna, arti dan konsep pengangguran, jenis pengangguran serta faktor apa yang menyebabkan pengangguran bisa muncul.

Daftar referensi

Mankiw, Gregory N. 2000. Pengantar Ekonomi ; Edisi ke-4. Erlangga : Jakarta.
Sukirno, Sadono. 2000. Makro Ekonomi Modern ; Perkembangan dan Pemikiran Klasik Hingga Keynesian Baru. Cetakan 11. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.