Loading...

Pengertian Sistem Klasifikasi, Proses, Manfaat Dan Jenis-Jenisnya

Loading...
Pengertian sistem klasifikasi, proses, manfaat dan jenis-jenisnya adalah pokok pembahasan materi pelajaran biologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Klasifikasi adalah proses pengelompokan benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar sistem klasifikasi yakni apa yang dimaksud dengan sistem klasifikasi, pengertian, arti dan makna sistem klasifikasi, proses-proses sistem klasifikasi, manfaat sistem klasifikasi serta berbagai macam dan jenis-jenis sistem klasifikasi yang tentu saja mudah untuk difahami.

Pengertian Sistem Klasifikasi, Proses, Manfaat Dan Jenis-Jenisnya

Definisi sistem klasifikasi

Sistem klasifikasi adalah sistem yang memudahkan kita untuk mengenal lebih dekat tentang makhluk hidup, adapun cabang ilmu yang mengkaji pengelompokkan makhluk hidup disebut dengan Taksonomi. Selain itu adapula pelopor dari sistem klasifikasi yakni Carolus Linnaeus.

Proses sistem klasifikasi

Proses klasifikasi makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan serta perbedaan terhadap ciri-cirinya yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Sistem klasifikasi alami
Sistem klasifikasi alami adalah suatu pengelompokan dengan berdasarkan ciri anatomi, morfologi serta fisiologi.
2. Sistem klasifikasi filogeni
Sistem klasifikasi filogeni adalah suatu pengelompokan yang lebih mendekat kepada sejarah evolusi.
3. Sistem klasifikasi buatan
Sistem klasifikasi buatan adalah suatu pengelompokan berdasarkan dengan ciri morfologi yang mudah dilihat.

Tingkatan takson makhluk hidup
Kingdom - filum - kelas - ordo - family - genus - species

Sistem nama makhluk hidup
Pada tahun 1735 Carolus Linnaeus menciptakan sebuah sistem tata nama dengan menggunakan bahasa latin. Pemberian tata nama itu terdiri dari dua bagian yakni bagian pertama merupakan nama genus (diawali dengan huruf kapital) sedangkan bagian yang kedua (diberi awalan huruf kecil).

Kedua bagian itu dicetak miring ketika diketik dan juga dengan menggunakan garis bawah apabila ditulis dengan tangan. Sistem penamaan yang terdiri dari dua bagian itu dapat disebut dengan Tata Nama Ganda (binomial nomenclature).

Fungsi dan manfaat sistem klasifikasi

Adapun manfaat dan fungsi sistem klasifikasi dapat disebutkan satu persatu dibawah ini antara lain sebagai berikut :

1. Dapat mengenal keanekaragaman hayati.
2. Mengetahui berbagai jenis spesies makhluk hidup yang diantaranya meliputi ciri makhluk hidup, hubungan kekerabatan dan interaksi antar makhluk hidup terhadap lingkungannya.
3. Mengenal ciri-ciri unggul dari beberapa macam spesies makhluk hidup, tentu saja dengan memanfaatkan secara langsung antara lain untuk bahan pangan, sandang serta papan.

Jenis-jenis sistem klasifikasi

Dibawah ini terdapat 5 jenis sistem klasifikasi yang telah dikembangkan oleh para ilmuwan biologi yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sistem dua kingdom
Sistem dua kingdom yakni kelompok tumbuhan dan hewan.
2. Sistem tiga kingdom
Sistem tiga kingdom yakni protista, plantae dan animalia.
3. Sistem empat kingdom
Sistem empat kingdom yakni monera, protista, plantae dan animalia.
4. Sistem lima kingdom
Sistem lima kingdom yakni monera, protista, fungi, plantae dan animalia.
5. Sistem enam kingdom
Sistem enam kingdom yakni eubacteria, archaebacteria, protista, fungi, plantae dan animalia.

Demikian pembahasan ringkas mengenai pengertian sistem klasifikasi, proses, manfaat dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebuah referensi informasi yang dapat membantu pembaca dalam mengetahui apa itu sistem klasifikasi, pengertian sistem klasifikasi, makna sistem klasifikasi, definisi sistem klasifikasi, arti sistem klasifikasi, proses sistem klasifikasi, manfaat dan fungsi sistem klasifikasi serta berbagai macam dan jenis-jenis sistem klasifikasi.
Loading...
Loading...