Loading...

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Loading...
Teknik dasar permainan bola voli adalah pembahasan utama materi pelajaran PJOK yang akan di uraikan dengan lengkap pada materi belajar berikut dibawah ini. Adapun materi belajar tentang latihan teknik dasar permainan bola voli ini adalah termasuk kedalam kategori pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Sehingga fokus pembahasan yang akan di jelaskan yakni :

1. Teknik dasar smash (smes).
2. Cara melakukan smash.
3. Teknik dasar membendung serangan lawan (block).
4. Cara melakukan bendungan bola voli (blocking).

Selain sepak bola, olahraga permainan bola besar lainnya adalah voli. Olahraga bola voli dimainkan secara beregu, yang mana setiap regu pemain bola voli beranggotakan sebanyak 6 orang. Dalam permainan ini, setiap pemain diharapkan mempunyai stamina dan refleks gerak yang cepat.
Teknik dasar permainan bola voli
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
Selain stamina dan refleks gerak yang cepat, kalian juga harus menguasai semua teknik dasar dari permainan bola voli. Adapun pada penjelasan dibawah ini, akan dibahas lengkap mengenai teknik-teknik dasar permainan bola voli seperti teknik dasar smes (smash) dan juga teknik dasar membendung serangan lawan (block).

Teknik dasar smes (smash)

Smes atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan smash adalah gerakan pemukulan bola secara keras ke dalam area lapangan lawan, bola melewati diatas net dengan harapan lawan mengalami kesulitan untuk mengembalikan bola. Dalam permainan bola voli, smes juga bagian dari sebuah serangan.

Smes yang baik akan tercipta jika smeser (orang yang memukul bola) dan toser (pengumpan) bekerja sama untuk membangun serangan. Oleh karena itu, seorang smeser yang baik harus memukul bola yang diberikan tosser dengan baik.


Cara melakukan smash

Dibawah ini akan dijelaskan cara melakukan smes (smash) yaitu antara lain sebagai berikut :
1. Sikap mengambil ancang-ancang sekitar 2-3 meter langkah menghadap ke arah net.
2. Bola dilambungkan oleh tosser ke spiker.
3. Setelah bola dilambungkan oleh tosser, maka spiker melakukan ancang-ancang dan kemudian melakukan tumpuan dengan sekuat tenaga untuk memukul bola dengan tepat di atas net.
4. Setelah melompat untuk melakukan pukulan bola, kemudian mendarat dengan kedua kaki.

Latihan membendung bola (blocking)

Gerakan membendung (blocking) dalam permainan bola voli adalah teknik bertahan atas serangan bola lawan. Keberhasilan membendung serangan lawan dipengaruhi oleh ketinggian dalam melompat dan jangkauan lengan dalam menghadang bola yang dipukul oleh lawan.

Seorang blocking harus mampu membaca arah bola yang akan diberikan tosser lawan. Hal itu akan sangat membantu menahan serangan lawan. Terdapat beberapa teknik dalam melakukan bendungan serangan bola dari lawan adalah gerakan membendung serangan bola (blocking) dari lawan oleh seorang pemain.

Cara melakukan bendungan bola voli (blocking)

Dibawah ini akan dijelaskan cara melakukan bendungan bola voli (blocking) yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Posisi awal, pada waktu akan membendung serangan lawan, yaitu dengan sedikit berdiri kedua lutut sedikit ditekuk.
2. Gerakan membendung serangan lawan dengan meloncat setinggi-tingginya sambil kedua tangan diangkat untuk menghadang datangnya bola.
3. Setelah melakukan bendungan serangan bola dari lawan, harus siap untuk memainkan bola berikutnya.
Demikian pembahasan mengenai teknik dasar permainan bola voli.
Loading...
Loading...