Pengertian Dan Fungsi Air Menurut Para Ahli

Air adalah salah satu elemen yang paling penting bagi kehidupan di Bumi. Dengan sekitar 71% permukaan planet ini yang terdiri dari air, kita tidak dapat meremehkan peran yang dimainkannya dalam menjaga keberlangsungan semua bentuk kehidupan. Tidak hanya sebagai sumber kehidupan, air juga memiliki kekuatan untuk membentuk lanskap dan menciptakan keajaiban alam seperti sungai, danau serta laut yang luas.

Pengertian dan fungsi air menurut para ahli yang akan diuraikan dibawah ini merupakan rangkuman singkat mengenai definisi, arti, makna, kegunaan, teori dan konsep para ahli atau pakar mengenai air yang sesuai dengan referensi buku yang telah dibaca. Kalian dapat mengetahui judul buku, tahun terbit, pengarang dan penerbitnya seperti yang diberikan pada daftar rujukan pada bagian bawah tulisan ini.

Pengertian air (aqua)

Air adalah suatu senyawa kimia yang termasuk hasil ikatan dari unsur hidrogen (H2), yang mana menjadi salah satu kebutuhan pokok hidup dan juga merupakan dasar bagi kehidupan yang ada dibumi ini. Dengan kata lain bahwa Air merupakan substansi kimia yang penting dan umum ditemui di alam. Secara kimia, air dikenal sebagai H2O, yang berarti terdiri dari dua atom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (O). Ini adalah molekul poliatomik yang memiliki sifat-sifat unik yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi.


Oleh karena itu, penyediaan air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia untuk kelangsungan hidup kedepannya dan menjadi sebuah faktor penentu dalam kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Sumber daya air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang diantaranya adalah antara lain seperti untuk kepentingan rumah tangga (domestik), industri, pertanian, perikanan dan hingga sarana angkut air. Sesuai dengan kebutuhan akan air dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, air permukaan dapat dimanfaatkan lebih luas lagi, yang diantaranya adalah antara lain untuk sumber baku air minum dan air industri.


Sifat-sifat air

Dibawah ini terdapat beberapa sifat penting air yang meliputi :

1. Universal Solvent

Air adalah pelarut universal yang artinya dapat melarutkan banyak zat kimia. Ini berarti banyak senyawa dan ion dapat larut dalam air, yang memungkinkan untuk berbagai reaksi kimia dan membantu dalam transportasi nutrisi dan zat-zat lain dalam makhluk hidup.

2. Densitas Maksimum pada 4°C

Air mencapai densitas maksimumnya pada suhu sekitar 4°C sebelumnya daripada ketika dalam bentuk es atau uap. Ini adalah sifat penting yang memungkinkan es terapung di atas air, melindungi kehidupan di dalam danau dan sungai saat musim dingin.

3. Kemampuan Panas Spesifik Tinggi

Air memiliki kapasitas yang tinggi untuk menyerap panas sebelum suhu naik, dan juga melepaskan panas perlahan saat suhu turun. Ini menjaga iklim di daerah-daerah yang berair dan mempengaruhi iklim global.

4. Kohesi dan Adhesi

Air memiliki sifat kohesi (penyatuan dengan air lain) dan adhesi (penyatuan dengan permukaan lain). Ini memungkinkan air untuk mengalir dalam tanah, tumbuh ke atas dalam pohon dan melekat pada permukaan seperti kaca.

5. Transpor Nutrisi

Air membantu dalam transportasi nutrisi dan zat-zat esensial dalam tumbuhan dan makhluk hidup lainnya melalui proses seperti kapilaritas dan transpirasi.

Air juga sangat penting dalam siklus hidrologi Bumi, termasuk penguapan dari permukaan laut, pembentukan awan, presipitasi (hujan, salju, dll.) dan aliran kembali ke laut melalui sungai dan sungai bawah tanah. Ketersediaan air yang bersih dan aman adalah salah satu faktor kunci untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di planet ini.

Fungsi air

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dan kegunaan air menurut peruntukannya, yang digolongkan menjadi empat golongan yakni air golongan A, air golongan B, air golongan C dan air golongan D yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Golongan A

Air golongan A adalah jenis air yang dapat digunakan sebagai air minum secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu.

2. Golongan B

Air golongan B adalah jenis air yang dapat digunakan sebagai air baku air minum.

3. Golongan C

Air golongan C adalah jenis air yang dapat digunakan untuk keperluan perikanan dan peternakan.

4. Golongan D

Air golongan D adalah jenis air yang dapat digunakan untuk keperluan pertanian dan dapat dimanfaatkan untuk usaha perkotaan, industri dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan fungsi air menurut para ahli, semoga uraian diatas dapat berguna sebagai informasi edukasi dalam mengetahui definisi, arti, makna, teori dan konsep para ahli atau pakar mengenai air dan juga fungsi, kegunaan dan penggolongan jenis-jenis air serta sifat air.

Daftar pustaka

Sumantri, Arif. 2010. Kesehatan Lingkungan & Perspektif Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.