Persyaratan Kualitas Air Menurut Para Ahli

Persyaratan kualitas air menurut para ahli yang akan diuraikan dibawah ini merupakan rangkuman singkat mengenai teori dan konsep para ahli atau pakar mengenai syarat-syarat kualitas air yang baik, sesuai dengan referensi buku yang telah dibaca. Kalian dapat mengetahui judul buku, tahun terbit, pengarang dan penerbitnya seperti yang diberikan pada daftar rujukan pada bagian bawah tulisan ini.

Persyaratan kualitas air

Dalam upaya menjaga persyaratan kualitas air yang telah disempurnakan, penting untuk memahami standar yang berlaku dan tindakan yang harus diambil untuk memastikan air yang aman dan sehat bagi lingkungan dan manusia. Tindakan ini mencakup pemantauan rutin, pengujian kualitas air dan pematuhan terhadap peraturan yang telah ditetapkan dalam rangka menjaga integritas ekosistem perairan dan kesehatan masyarakat.

Dalam artikel ini, akan mengulas secara mendalam mengenai persyaratan kualitas air, mengapa mereka penting dan bagaimana langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk memenuhi standar kualitas air yang ditetapkan. Dengan pemahaman yang kuat tentang persyaratan ini, kita dapat bersama-sama berkontribusi dalam menjaga kualitas air yang bersih dan berkelanjutan.

Persyaratan Kualitas Air

Dibawah ini terdapat beberapa kriteria yang menjadi tolak ukur persyaratan kualitas air yang diantaranya adalah sebagai berikut yang meliputi seperti :

a. Parameter mikrobiologi.
b. Parameter fisika.
c. Parameter kimia.
d. Parameter radioaktif.

Adapun air yang tergolong kedalam kualitas baik harus memenuhi persyaratan parameter fisika, kimia, mikrobiologi dan radioaktif yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Parameter fisika

Parameter fisika adalah parameter yang terkait dengan sifat fisik air. Contohnya adalah seperti bau, jumlah zat padat, kekeruhan, rasa, suhu dan warna.

2. Parameter kimia

Parameter kimia adalah kelompok parameter yang penting untuk memberikan mutu air dan dikenal ada parameter nonspesifik dan parameter spesifik. Berkenaan dengan parameter spesifik, sekarang telah tersedia berbagai piranti dan zat kimia penguji yang cepat dan praktis. Operator pembersih atau pemurni air harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup sehubungan praktik kimia praktis didalam memantau mutu air.


3. Parameter mikrobiologi

Parameter mikrobiologi adalah kandungan bakteri dan tanaman mikroskopik didalam air. Tiga jenis utamanya adalah seperti :

a. Bacilli (bentuk silindris).
b. Spirilum (sp!ral)
c. Cocci (bulat/sferik).

Organisme yang kerap dijadikan petunjuk pencemaran tinja atau limbah adalah Escherichia-coli dan kelompok koliform lainnya. Koliform (Coli-aerogen) adalah mikroba berbentuk silinder atau batang yang mampu meragikan asam penghasil glukosa dan laktosa.


Organisme lain yang dijadikan parameter mikrobiologi adalah Streptococcus faecalis dan Clostridium welchii. Adanya bakteri di air alam yang akan dijadikan air bersih, air minum dan penggunaan lainnya tidak hanya menimbulkan masalah bagaimana mematikan atau menghilangkannya dalam proses tertentu.

Akan tetapi, hasil penguraian mikroba atau bakteri tersebut disebut pirogen dan dapat tetap berada di dalam air hasil olahan sehingga perlu juga dihilangkan. Air yang masih megandung pirogen berbahaya jika dijadikan pengencer larutan injeksi. Pirogen dalam air tersebut dapat mengakibatkan peningkatan suhu badan manusia atau hewan yang diinjeksi.


4. Parameter radioaktif

Keberadaan bahan radioaktif di dalam sumber air layak diwaspadai pada masyarakat moderen. Pencemaran zat radioaktif di dalam badan air semakin berpeluang terjadi karena zat radioaktif ini mampu memancarkan sinar radioaktif (alfa, beta dan gamma) yang dapat mempengaruhi sel tubuh manusia, hewan dan tumbuhan. Adapun informasi mengenai kandungan zat radioaktif di dalam air dinyatakan dalam satuan besaran tertentu (bc/L).

Demikian pembahasan mengenai persyaratan kualitas air menurut para ahli, semoga uraian diatas dapat berguna sebagai informasi edukasi dalam mengetahui teori dan konsep para ahli atau pakar mengenai syarat-syarat kualitas air yang baik dengan kriteria yang menjadi tolak ukur sebagai parameter kualitas air.

Daftar pustaka
Sumantri, Arif. 2010. Kesehatan Lingkungan & Perspektif Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.